Visi, Misi dan Profil Lulusan

Visi, Misi dan Profil Lulusan

VISI

 1) Visi yang jelas, realistis dan kredibel

 Dengan mengacu panduan Standar Mutu Kekhususan VMTS Usakti tersebut maka VMTS FEB Universitas Trisakti telah dirumuskan dengan yang jelas,  realistis dan kredibel.

Visi FEB Usakti adalah “Menjadi fakultas yang andal, berstandar internasional dengan tetap memperhatikan nilai-nilai lokal dalam mengembangkan ilmu pengetahuan untuk meningkatkan kualitas hidup bangsa”.

Selaras dengan visi Fakultas, visi keilmuan Prodi S1 Manajemen adalah mengembangkan ilmu pengetahuan di bidang Manajemen untuk meningkatkan kualitas hidup.

Aspek andal dalam visi FEB diartikan sebagai kualitas yang menunjukkan tingkat kepercayaan pemangku kepentingan di tingkat nasional dan internasional terhadap kualitas FEB Usakti. Hal ini dibuktikan antara lain dengan capaian akreditasi institusi dan program studi, capaian bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, posisi pentng alumni dalam perusahaan/swasta dan pemerintahan, memiliki kerjasama baik pada tingkat nasional dan internasional, serta memiliki budaya mutu yang juga terdokumentasi.

Berstandar internasional mengandung makna bahwa kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi di FEB Usakti ditujukan untuk mengembangkan  daya saing secara global, dengan selalu memperhatikan arah perkembangan dan kondisi ekonomi dan bisnis internasional. Strateginya antara lain adalah dengan menyelenggarakan pengelolaan program studi yang mengacu pada kualifikasi FIBAA, sertifikasi AUN-QA, dan ISO 9001. Internasionalisasi FEB ini juga mencakup penyelenggaraan Program Kelas Internasional, Kerjasama Internasional yang cukup bervariasi seperti pertukaran dosen dan mahasiswa, prestasi mahasiswa di tingkat internasional, serta implementasi kegiatan tridharma dan pendukung lainnya di tingkat internasional.

Memperhatikan nilai-nilai lokal memiliki arti bahwa FEB Usakti tetap memperhatikan nilai-nilai budaya lokal yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia dan warga kampus Universitas Trisakti. Nilai-nilai lokal ini tercermin pada nilai-nilai Trikrama Universitas Trisakti meliputi Takwa, Tekun, Terampil, dan Asah, Asih, Asuh serta Satria, Setia, Sportif dalam menjalankan kegiatan tridharma. Nilai-nilai Trikrama tersebut mencakup tiga ranah yaitu: 1) ranah hubungan manusia dengan Tuhan; 2)  ranah hubungan antar sesama; dan 3) ranah hubungan manusia dengan alam. Akomodasi nilai-nilai lokal dalam tiga ranah tersebut berupa adanya mata kuliah Agama, Etika, Kewarganegaraan, Seni Budaya, Pengentasan Kemiskinan, KUM ITT, Bisnis Berkelanjutan, Tata Kelola Perusahaan dan Akuntansi Berkelanjutan.

Meningkatkan kualitas hidup bangsa mengandung makna bahwa tujuan akhir dari penyelenggaraan pendidikan tinggi di FEB Usakti adalah mengembalikan hasil proses kegiatan pelaksanaan Tridharma Perguruan Tinggi yang andal dan berstandar internasional kepada masyarakat, yakni terciptanya kualitas hidup bangsa Indonesia yang semakin meningkat yang setara dengan bangsa-bangsa lain di dunia, dengan tetap berbasis pada nilai-nilai lokal. Beberapa bukti upaya FEB Usakti dalam meningkatkan kualitas hidup bangsa dapat dilihat dari kegiatan PKM dan program KUM ITT.

 2) Peninjauan dan Evaluasi Visi

Berdasarkan Kebijakan Peraturan Rektor Usakti No. 8 tahun 2022, FEB dan Prodi (termasuk prodi S1 Manajemen) melakukan peninjauan dan evaluasi visi.. Proses peninjauan visi dilakukan dengan memperhatikan kepentingan dari para stakeholders internal dan eksternal. Tahapan dimulai dengan membentuk tim evaluasi yang terdiri dari Dekan dan para wakil dekan, Ketua Program Studi, Sekretaris Program Studi, Koordinator Mata Kuliah, Wakil Dosen dan Wakil Tendik. Tim akan mengevaluasi Visi berdasarkan dokumen internal seperti Statuta, Rencana Induk Pengembangan (RIP) Universitas Trisakti Tahun 2014-2030 dan VIsi Universitas serta sejumlah dokumen eksternal yang mengacu pada Permendikbud No. 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi dan Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi. Fakultas dan Prodi juga secara berkala mengadakan pertemuan dengan para stakeholders untuk menjaring masukan dan ide sebagai bahan dalam peninjauan dan evaluasi visi. Hasil evaluasi Visi kemudian disampaikan kepada Rapat Senat Fakultas untuk mendapatkan pengesahan. Visi yang telah disahkan oleh Senat Fakultas selanjutnya digunakan dan diimplementasikan secara efektif dan efisien sebagai dasar penyusunan tujuan, sasaran, dan strategi Fakultas dan Program Studi (termasuk prodi S1 Manajemen).

3) Sosialisasi Visi

Agar Visi mampu menumbuhkan komitmen dan energi, memberi makna dan menjadi standar kinerja maka Visi FEB dan Prodi S1 Manajemen Usakti selanjutnya disosialisasikan kepada seluruh pemangku kepentingan secara kontinyu agar dapat dipahami dan didukung seluruh pemangku kepentingan dalam implementasinya. Sosialisasi ini dilakukan oleh Pimpinan Fakultas serta Ketua Program Studi dan jajarannya pada setiap kesempatan yang bersifat formal dan informal dengan cara lisan maupun tulisan. Sosialisasi kepada pemangku kepentingan antara lain dilakukan melalui berbagai forum dan media seperti rapat-rapat, misalnya rapat awal semester, rapat program kerja, rapat koordinasi rumpun mata kuliah, dan juga pertemuan informal seperti gathering, melalui papan pengumuman (banner/poster), majalah fakultas dan buletin kampus Universitas Trisakti. Selain itu, sosialisasi kepada masyarakat luas termasuk pengguna/pemberi kerja lulusan, industri, instansi pemerintah, asosiasi profesi, orang tua mahasiswa dilakukan melalui website http://feb.trisakti.ac.id/,   buku agenda, kalender Universitas Trisakti, dan pertemuan mahasiswa baru/orang tua mahasiswa.

4)    Mekanisme dalam penyusunan dan penetapan visi yang terdokumentasi

 Sesuai Peraturan Rektor Usakti no. 8 tahun 2022, mekanisme penyusunan Visi FEB Usakti dan visi Prodi S1 Manajemen telah melibatkan para pemangku kepentingan (stakeholder) yang meliputi dosen, karyawan, alumni, dan para pengguna lulusan. Tahapan dalam penyusunan Visi FEB Usakti dimulai dengan pembentukan tim penyusun. Tim penyusun visi ditetapkan melalui Surat Tugas Dekan FEB Usakti yang terdiri dari Dekan dan Para Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Program Studi, Perwakilan Dosen, dan Tenaga Kependidikan. Dekan FEB Usakti dan tim penyusun merumuskan Visi yang realistik terhadap kemampuan internal, dengan memperhatikan kondisi eksternal, dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta konsisten dengan Visi Universitas Trisakti.

Dasar untuk melakukan analisis lingkungan eksternal adalah dengan melakukan benchmark ke berbagai lembaga pendidikan diantaranya Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Universitas Padjajaran dan Universitas Telkom. Selain itu, FEB Usakti juga melakukan pertemuan dengan pengguna lulusan, asosiasi, alumni, akademisi dan beberapa Perguruan Tinggi (PT) di wilayah ASEAN seperti University of Malaya, Universiti Kebangsaan Malaysia, Universiti Malaysia Terengganu, UITM, dan University of Prince Songkla Thailand.

Pertemuan dengan pengguna lulusan dan alumni dilakukan secara rutin untuk memperoleh masukan. Selain masukan yang memperhatikan perkembangan kebutuhan pengguna lulusan dan alumni, perumusan Visi mengakomodir perkembangan regulasi dari Pemerintah seperti peraturan terkait kurikulum yang berbasis outcome (Outcome-Based Education/OBE) dan Kebijakan tentang MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). Setelah draft Visi selesai, tim penyusun menyampaikan ke rapat Senat FEB Usakti untuk disahkan. Proses penyusunan visi didokumentasikan dalam bentuk notulensi hasil rapat, laporan-laporan hasil studi banding, dan foto-foto kegiatan.

MISI

 1) Misi

 Untuk mewujudkan visi, FEB Usakti dan Prodi S1 Manajemen Usakti mengembangkan upaya-upaya yang dinyatakan dalam empat misi dibidang Tridarma PT dan pengelolaan yang memenuhi Good University Governance yang dituangkan dalam Renstra dan Renop. Selanjutnya, dari misi ini ditetapkan tujuan dan sasaran yang terukur sebagai acuan dalam membuat program kerja. Dengan demikian ada keterkaitan erat antara visi, misi, tujuan, sasaran dan strategi pencapaian melalui program kerja. Berikut ini adalah misi FEB Usakti:

  1. Meningkatkan peran serta FEB Usakti dalam menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan intelektual, berstandar internasional, dan berkarakter Trikrama Universitas Trisakti melalui kegiatan pendidikan dan pengajaran.
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni berbasis nilai-nilai lokal guna menjawab permasalahan nasional dan meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
  3. Meningkatkan peran serta FEB Usakti dalam mendukung kebutuhan masyarakat dan industri melalui kegiatan pengabdian kepada Masyarakat.
  4. Meningkatkan komitmen FEB Usakti dalam menegakkan good university governance.

Berdasarkan misi Fakultas, maka dirumuskan misi keilmuan yang disampaikan, dikembangkan dan diterapkan oleh Prodi S1 Manajemen FEB sebagai berikut:

  1. Meningkatkan peran serta program studi manajemen dalam menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan intelektual, kemampuan profesionalitas yang tinggi wirausaha yang handal, birokrat yang integritas, berstandar internasional dan berkarakter Trikrama Trisakti melalui kegiatan Pendidikan dan pengajaran.
  2. Meningkatkan kegiatan penelitian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan berbasis nilai-nilai internasional dan nilai-nilai lokal guna menjawab permasalahan nasional dan meningkatkan kualitas hidup dan peradaban.
  3. Meningkatkan peran serta program studi manajemen dalam mendukung kebutuhan masyarakat pemerintah dan industri melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk memperkuat kemampuan intelektual, kemampuan profesionalitas yang tinggi, wirausaha yang handal dan birokrat yang berintegritas.
  4. Meningkatkan komitmen program studi untuk mendukung tegaknya good governance dalam pengelolaan kegiatan tridharma.

2)     Luaran dan dampak pada pemangku kepentingan

Dari rumusan misi FEB dan prodi S1 Manajemen Usakti tersebut diatas, dapat dilihat hal-hal yang berkaitan dengan: a. luaran (menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kemampuan intelektual, kemampuan profesionalitas yang tinggi wirausaha yang handal birokrat yang integritas, standar internasional dan berkarakter Trikrama Trisakti) dan dampak kegiatan Tridharma pada bidang ekonomi dan bisnis (menjawab permasalahan nasional dan meningkatkan kualitas hidup dan peradaban), b. pihak-pihak yang dilayani dan mendapat manfaat (masyarakat pemerintah dan industri), dan c. area berkarya (lokal, nasional dan internasional). Implementasi misi ke dalam kurikulum OBE yang dapat mendorong mahasiswa kreatif, inovatif, bekerjasama, berempati, berwawasan multidisipliner dan global, dan mampu belajar sepanjang hayat diharapkan akan menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkompetensi sehingga dapat berkarya sesuai keahliannya untuk memajukan kegiatan perekonomian dan bisnis. Hasil-hasil penelitian yang bisa membantu mengatasi permasalahan masyarakat dan kegiatan-kegiatan PKM yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat merupakan wujud komitmen FEB Usakti untuk merealisasikan misi yang mempunyai dampak yang bermanfaat bagi pemangku kepentingan.

3)     Keunikan Misi

Pelaksanaan misi Fakultas dan Prodi S1 Manajemen melalui berbagai kegiatan dan karya Tridharma  dilandasi oleh nilai-nilai Trikrama Universitas Trisakti yang meliputi Takwa, Tekun, Terampil, dan Asah, Asih, Asuh serta Satria, Setia, Sportif. Hal ini merupakan keunikan dalam merealisasikan misi yang dimiliki FEB maupun Prodi S1 Manajemen Usakti. Selain itu, keunikan misi juga ditunjukkan dengan komitmen FEB maupun Prodi S1 Manajemen Usakti dalam menegakkan good university governance. Tata Kelola (governance) ini berdasarkan prinsip-prinsip: akuntabilitas, transparan, nirlaba, penjaminan mutu, efektivitas dan efisiensi.

4)     Mekanisme dalam Penyusunan dan Penetapan misi

Kebijakan dalam penyusunan dan penetapan misi Fakultas dan Prodi Manajemen Usakti juga melibatkan seluruh pemangku kepentingan, baik internal maupun eksternal agar dalam pelaksanaannya mendapat dukungan dari para stakeholders. Sebagaimana halnya Visi, Tim penyusun misi juga ditetapkan melalui SK Dekan FEB Usakti yang terdiri dari Dekan dan Para Wakil Dekan, Ketua dan Sekretaris Program Studi, Perwakilan Dosen, dan Tenaga Kependidikan. Misi FEB dinyatakan secara ringkas, mudah diingat, mutakhir dan realistis yang mencakup kegiatan tridharma perguruan tinggi.

5)     Peninjauan dan Evaluasi Misi

Kebijakan peninjauan dan evaluasi terhadap misi Fakultas dan prodi Manajemen dilakukan secara bersamaan dengan peninjauan visi misi dengan memperhatikan kepentingan para pemangku kepentingan (stakeholders) internal dan eksternal, antara lain terdiri dari dosen, mahasiswa, tenaga kependidikan, alumni, pengguna lulusan dan asosiasi profesi. Dengan demikian, tahapan peninjauan dan evaluasi misi sama dengan  tahapan peninjauan dan evaluasi visi sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya.

PROFIL LULUSAN

 Lulusan  S1 Manajemen  Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas  Trisakti    dapat    berperan sebagai manajer lini pertama, wirausahawan, asisten peneliti yang :

  1. Memiliki kemampuan manajerial yang handal, berjiwa kewirausahaan yang berorientasi ke masa depan, berintegritas, mampu berpikir kritis dan kreatif.
  2. Memiliki kemampuan pengembangan diri dan beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis global yang dinamis.
Floatin Button
Floatin Button